Haji dan Umrah Mabrur Balasannya Surga

Haji dan Umrah MabrurHaji dan umrah merupakan ibadah yang paling sempurna dari seluruh ibadah mahdhah (ritual) yang ada pada ajaran agama Islam. Dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah terdapat tiga ibadah sekaligus, yakni ibadah fisik, ibadah lisan dan ibadah hati. Seseorang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah harus melakukan perjalanan yang begitu jauh dan sangat melelahkan. Mulai dari Tanah air Indonesia, calon jamaah haji dan umrah harus naik pesawat dengan perjalanan selama 9-10 jam penerbangan. Ditambah dengan melajutkan perjalanan menggunakan bus dari Jeddah ke Madinah selama 6-7 jam. Di Tanah suci, rata-rata segala ibadah yang dilakukan disana itu membutuhkan fisik yang kuat, terutama berjalan kaki seperti thawaf, sa’i, lempar jumrah, ziarah dan lain sebagainya. Sedangkan untuk ibadah lisannya itu adalah para calon jamaah haji dan umrah selama perjalanan haji dan umrah harus selalu bertalbiyah. “Labbaik Allahumma Labbaika, Labbaika laa syariika laka labbaika, Innal hamda wanni’mata laka wal mulka laa syariika laka”.

Haji dan Umrah Mabrur Balasannya Surga

Ibadah ketiganya itu merupakan ibadah hati. Dalam ibadah haji dan umrah mabrur juga harus selalu memiliki niat yang bersih, suci dan lurus. Niat ibadah haji dan umrah semata-mata hanya karena Allah SWT. Tidak melakukan segala perbuatan yang dilarang oleh Allah seperti membicarakan orang lain, mencaci, menghina, mengucilkan, berbohong dan lain sebagainya.

Sebagian besar kaum Muslimin selalu mendambakan haji dan umrah mabrur dan itu cita-cita sekaligus harapan terbesar kita semua untuk bisa melaksanakannya.  Mereka berharap suatu saat nanti dapat menunaikan rukun Islam yang kelima yakni pergi ke Tanah suci. Bagi yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji pasti ingin berangkat lagi kesana dalam kesempatan ibadah haji maupun umrah. Padahal jika kita saksikan mereka yang pergi haji dan umrah sepertinya sulit dan berat menjalankannya. Apalagi yang sudah sering kita lihat, mereka yang telah menunaikan ibadah haji khususnya sudah masuk dalam usia lanjut (lansia).

Biaya untuk bisa berangkat haji dan umrah membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk dapat melaksanakannya perlu dana sekitar Rp 19 juta hingga mencapai Rp 35 juta, harga besar atau kecil tergantung dengan pilihan paket yang tersedia dari tiap-tiap travel resmi yang dipercaya. Bagi kebanyakan orang yang merupakan suatu simbol keberhasilan spiritual. Sesuatu yang diperoleh dengan kerja keras dan susah payah serta penuh perjuangan, terutama bagi masyarakat yang hanya memiliki pendapatan pas-pasan. Seseorang rela mengumpulkan hartanya sedikit demi sedikit, uangnya di simpan dan ditabung. Ia juga rela untuk meninggalkan dan bahkan menunda keinginan bahkan kebutuhan yang lainnya agar dapat melaksanakan haji dan umrah. Hingga pada akhirnya Allah memberikan kesempatan untuk pergi ke Tanah suci. segala persiapan pun dilakukan sejak jauh-jauh hari, pada satu tahun sebelumnya. Perjalanan yang sungguh melelahkan, cuaca yang mungkin sedang tidak bersahabat dengan fisiknya dan pada akhirnya kembali ke Tanah air dengan menyandang predikat ‘HAJI”.

Memang terkesannya agak aneh jika dipikir-pikir, ada sebuah ibadah yang mendapatkan gelar. Seseorang yang telah melaksanakan ibadah haji oleh masyarakat pasti diberi gelar dan dipanggil “Pak Haji atau Bu Hajah…”. Posisi mereka sudah lebih dihormati dan disegani. Memahami betapa beratnya ibadah haji dan umrah tentu hal yang wajar jika gelar seperti itu disandangkan kepada mereka yang telah melaksanakan ibadah tersebut. apalagi pada zaman dahulu belum ada yang namanya pesawat terbang, jamaah haji berangkat dengan menggunakan kapal dan unta. Perjalanan tersebut memakan waktu dua bulan, beda jauh dengan keberangkatan pada saat ini yang hanya 9-10 jam saja. mereka yang pergi haji pada waktu yang belum tentu dapat kembali lagi ke Tanah air karena beratnya medan sehingga keluarganya itu harus benar-benar merelakan bila ternyata tidak kembali.

Namun, semua itu dilakukan semata-mata hanya karena Allah SWT. Orang yang telah melaksanakan ibadah haji dan umrah memang telah dilewati dengan berbagai serangkaian ujian-ujian yang dialami. Mulai dari ujian fisik yang mengharuskan untuk menempuh perjalanan dan menjalankan manasik hingga pada ujian hati yakni meluruskan niat, kemampuan dalam mengandalikan diri dan menjauhkandiri dari segala penyakit hati. Orang yang sudah menyandang haji pun tetap harus selalu menjaga diri agar masyarakat tidak berprasangka buruk atas gelar hajinya. Demikian betapa beratnya dalam memperoleh dan menyandang gelar haji rasanya itu setara dengan pahala yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Sementara itu, untuk mendapatkan travel haji dan umrah yang resmi dan terpercaya pastikan travelnya memilki izin resmi, pasti jadwalnya dan terbangnya, serta pasti hotel dan visanya. Salah satu travel haji dan umrah yang terpercaya sejak tahun 2010 hingga sekarang ini adalah Alhijaz Indowisata. Biro perjalanan haji dan umrah terbaik yang menjadi pilihan orang untuk menggunakan jasanya, hal ini dikarenakan jasa penyedianya dapat memberikan keunggulan dan keistimewaan yang bermutu. Apalagi Alhijaz Indowisata ini juga menjadi provider visanya langsung. Alhijaz Indowisata memberikan pelayanan yang terbaik dengan harga yang terjangkau. Biaya paket haji khusus mulai dari USD 9.500 hingga USD 10.500. Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijaksanaan dari Kemenag di tahun keberangkatan.

Mulai dari sekarang tanamkan niat untuk bisa berangkat haji dan umrah untuk mengaharapkan ridho dari Allah SWT. Niat sebagai salah satu dari syarat diterimanya ibadah seseorang termasuk dalam ibadah haji dan umrah. Kita harus selalu berkeyakinan bahwa dalam setiap ibadah haji adalah sebuah panggilan dari Allah SWT untuk para umatnya. Dan percayalah bahwa setiap apa yang kita ikhtiarkan pasti akan ada hasilnya. Untuk info lebih lanjut mengenai haji dan umrah Anda dapat menghubungi PT. Alhijaz Indowisata (021) 8265-3335, (021) 2242-4237 atau call/SMS/Wa +62 8111341212.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar